Dinas Perdagangan mengadakan Koordinasi Pengelolaan Media Sosial

https://perdagangan.jogjakota.go.id/ - Kadis Perdagangan Kota Yogyakarta bersama dengan jajaran eselon III dan IV menggelar rapat terbatas dalam rangka penguatan peran Tim Media Sosial Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta dalam penyebaran informasi melalui media sosial terkait informasi/progres kegiatan bidang Perdagangan di masyarakat (16/06/2022).

Koordinasi Pengelolaan Media Sosial Dinas Perdagangan ini dipimpin Kepala Dinas pada Hari kamis, 16 Juni 2022 pukul 10.00 wib di Ruang Rapat Melati Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta.

Hadir Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Anis Supriyanti, S.IP. mendampingi sekretaris Dinas Jalaludin,S.Sos. M.Si. sebagai penyelenggara.

Media sosial sangat berperan dalam  penyebaran informasi bagi masyarakat luas. Sejak awal dibangun, sosial media diperuntukkan sebagai wadah bagi para penggunanya agar dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan bertukar informasi dan ide di komunitas dan jejaring virtual. Sosial media dalam hal ini meliputi blog, jejaring sosial, forum, dan dunia visual. Podcast, Produksi informasi dan berita saat ini bukan lagi eksklusif hanya dilakukan oleh penerbit berita besar. Saat ini siapa pun bisa menjadi pembuat berita dan memberikan dampak kepada orang banyak. Begitupun dengan konsumsi informasi yang dapat dengan bebas dinikmati siapa saja melalui media digital.

Saat ini kepemimpinan Walikota Yogyakarta sangat mengedepankan kritik dan saran dari masyarakat Kota Yogyakarta dalam memberbaiki sistem birokrasi. Semua OPD harus bergerak dalam menyampaikan informasi/ progres kegiatan yang sudah dilakukan di masyarakat. Melalui media sosial, masyarakat dapat melihat, menilai, memberi saran/ kritik atas capaian kenerja yang sudah diupload oleh OPD.

Sejalan dengan hal tersebut, Ibu Kadis Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani, S.I.P., menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara Bidang dan UPT sebagai unit teknis bersama Sekretariat sebagai Tim Media Informasi dalam menyampaikan capaian/pelaksanaan program/kegiatan bidang Perdagangan, apa yang dihasilkan Dinas Perdagangan bagi Pemkot Yogyakarta dan informasi yang disampaikan terus terupdate dan valid.

Ambar menyarankan agar masing-masing pengelola dari sub bagian, bidang dan UPT memberitakan aktifitas harian yang tergambarkan bukan sekedar citra melainkan menujukkan kinerja kita sebagai pegawai ASN.

Ambar mengajak pengelola/admin website mewakili sub bagian, bidang dan UPT  agar melaporkan kegiatan dinas Perdagangan berupa informasi sederhana agar menjadi penting buat pemerhati. “Mari kita bangun citra Dinas Perdagangan ini salah satunya melalui media sosial, sehingga Dinas Perdagangan menjadi Hidup"himbaunya (aisyah)