Giat Sambang Pasar Gedong Kuning, Kolaborasi Tim Kebersihan Dinas Perdagangan dengan Paguyuban Pasar Menyambut Adipura 2022

YOGYAKARTA - Rabu (20/07/22) Tim Kebersihan dan Keamanan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta melaksanakan 'Giat Sambang Pasar' di Pasar Gedong Kuning. Aktivitas ini merupakan kolaborasi Tim Kebersihan dan Keamanan Dinas Perdagangan dengan Koordinator Pasar serta Paguyuban Pasar Gedong Kuning untuk menyambut penilaian Adipura 2022.

Sesuai isi Surat dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Nomor 660/695 Tanggal 4 Juli 2022, dalam rangka menindaklanjuti Program Adipura tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, direncanakan pada akhir Bulan Juli 2022 akan dilakukan Verifikasi Lapangan Pantau Adipura 2022. Untuk Dinas Perdagangan telah ditentukan 9 (Sembilan) pasar yang akan menjadi lokasi pantauan.

Adapun pasar-pasar yang dipilih dalam pantauan Program Adipura ini antara lain:

  1. Pasar Beringharjo
  2. Pasar Gedongkuning
  3. Pasar Kranggan
  4. Pasar Ngasem
  5. Pasar Giwangan
  6. Pasar Sentul
  7. Pasar Pingit
  8. Pasar Prawirotaman
  9. Pasar Lempuyangan

Selanjutnya, 9 pasar yang telah ditentukan tersebut diukur berdasarkan parameter atau indikator yang meliputi :

  1. Kebersihan Area Pasar
  2. Drainase
  3. Ruang terbuka Hijau (RTH) / Penghijauan
  4. Pengelolaan Pasar ( Penataan Kios, KM/WC atau Toilet, ketersediaan air bersih di toliet)
  5. Keberadaan PKL ( Lapak, Tempat sampah, Kondisi Sampah)
  6. Pelayanan Pengumpulan Sampah  (Keberadaan  TPS  dan kebersihannya).
  7. Pengolahan Sampah Organik (pengomposan)

Untuk mewujudkan prasyarat pasar-pasar sesuai indikator dari Program Adipura 2022 ini, Tim Kebersihan berkolaborasi dengan Koordinator Pasar dan Paguyuban Pasar Gedong Kuning melakukan diskusi dan pengecekan (monitoring) lapangan. Beberapa poin yang menjadi bahan diskursus antara lain: ketersediaan dan operasional “Bank Sampah”, mengoptimalkan toilet-toilet, dan masukan terkait pengembangan Pasar Gedong Kuning memanfaatkan bangunan kios di sisi barat pasar sesuai masukan dari Paguyuban Pasar dan berlandaskan Kajian Pengembangan Pasar Gedong Kuning Tahun 2021 oleh Bappeda. (bersih-aman)