Agenda Kegiatan di Office TPS3R Pasar Giwangan Sebagai “Optimalisasi Pengelolaan Sampah Pasar Berwawasan Lingkungan”

YOGYAKARTA – Sejumlah agenda kegiatan di Office TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle) Pasar Giwangan mulai dilaksanakan sejak awal Februari 2023 guna mendukung Gerakan Zero Sampah Anorganik (GZSA). Salah satunya berupa pelatihan pembuatan komposter bagi Ketua Regu Petugas Kebersihan, Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta pada Jum’at (03/02/23).

Selain sebagai Pusat Kendali Data atau Bank Data bagi pengelolaan sampah Pasar Rakyat secara terpadu, Office TPS3R juga mempunyai fungsi sebagai wadah upgrading (peningkatan kualitas) dan empowering (pemberdayaan) bagi stakeholder Pasar Rakyat. Sesuai arahan Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani, S.IP, sejumlah agenda telah dilaksanakan dan dipersiapkan bagi peningkatan skill petugas kebersihan dan paguyuban pedagang seperti: Pelatihan Pembuatan Komposter, Pembuatan Biopori, Pembuatan Eco Enzym, Pembuatan Maggot, Pengkomposan dengan Metode Ember Tumpuk, serta Pembuatan Vertical Garden di samping TPS3R.

Harapan atau output dari sejumlah agenda di Office TPS3R ini adalah terwujudnya suatu ekosistem Pasar Rakyat yang memiliki pengetahuan dan kesadaran untuk mengelola sampah dengan prinsip 3R, yaitu: Reduce (cegah), Reuse (pilah), Recycle (olah). Hal itu senyampang dengan amanah dari Pasal 12 UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yaitu: “Setiap orang dalam pengelolaan sampah wajib mengurangi dan menangani sampah dengan cara yang berwawasan lingkungan”. (bersih-aman)