UKM dan Pedagang Pasar Kota Yogyakarta Memasuki Era Digital Marketing

YOGYAKARTA - Salah satu kegiatan untuk mendorong meningkatkan omset Pelaku UMKM Kota Yogyakarta adalah melalui kegiatan kemitraan yang di bina langsung oleh Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta. Kegiatan kemitraan ini mengusung tema “Pembekalan UKM Kota Yogyakarta dengan E-Commerce” yang bertujuan untuk meningkatkan digitalisasi marketing bagi pelaku UMKM Kota Yogyakarta.

Kegiatan kemitraan ini berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 7 sampai 9 Maret 2023 bertempat di Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta yang diikuti oleh perwakilan UMKM dari 45 Kelurahan dan pedagang pasar di Kota Yogyakarta. Pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan kemitraan akan membawa contoh produknya masing-masing agar dapat langsung mempraktekkan ilmu yang diperoleh selama kegiatan berlangsung. Narasumber dalam kegiatan ini adalah praktisi ekonomi kreatif dari tim Fransval.co dan Komisi B DPRD Kota Yogyakarta. Sesuai arahan Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani, S.I.P, sejumlah agenda telah dipersiapkan dalam kegiatan kemitraan ini, seperti Informasi mengenai e-commerce, Pelatihan foto produk, Keuntungan menggunakan marketplace, dan informasi lain mengenai digitalisasi.

Output dari kegiatan kemitraan ini adalah agar meningkatnya literasi digital pelaku UMKM di Yogyakarta dan dapat membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan omset penjualannya melalui sistem online marketing.