Lomba Kebersihan Pasar Rakyat Kota Yogyakarta Tahun 2023

YOGYAKARTA – Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta siap menyelenggarakan Lomba Kebersihan Pasar Rakyat Kota Yogyakarta di Tahun 2023 ini. Berdasarkan hasil koordinasi dengan segenap stakeholder Pasar Rakyat, Selasa (20/06/23) penilaian lomba kebersihan untuk 29 Pasar Rakyat ini akan dimulai pada 3 Juli 2023 sampai dengan 31 Juli 2023. Pengumuman pemenang 1 sampai dengan 3 akan disampaikan pada awal Agustus 2023. 

Lomba Kebersihan Pasar ini adalah bentuk penilaian kebersihan, keindahan, kerapian dan kenyamanan di tingkat pasar se- Kota Yogyakarta. Tim juri lomba kebersihan semester 1 tahun 2023 ini terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta (Dinkes), Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta (DLH), Paguyuban Bank Sampah DIY, Paguyuban Bank Sampah Kota Yogyakarta, LSM Lestari dan Tribun Jogja.

Adapun tujuan dari event lomba kebersihan ini, antara lain: 1.) Menumbuhkan rasa cinta dan kesadaran komunitas pedagang terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pasar. 2.) Menumbuhkembangkan rasa kepedulian komunitas pedagang terhadap pasar sebagai rumah kedua yang perlu dijaga kebersihan, kerapian maupun kesehatannya secara berkelanjutan. 3.) Menciptakan kemandirian Komunitas Pasar Rakyat dalam mewujudkan pasar rakyat yang bersih dan sehat. 4.) Mewujudkan Pasar Rakyat yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk mendukung penyelenggaraan Kota Sehat.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani, S.IP. berharap melalui lomba kebersihan pasar rakyat yang dilaksanakan 2 (dua) kali setahun ini dapat terwujud suatu ekosistem Pasar Rakyat yang bersih, indah, rapi dan nyaman serta sesuai dengan amanah Gerakan Zero Sampah Anorganik (GZSA) plus, yaitu Pasar Rakyat yang mampu memilah sampah serta memberi kontribusi bagi pengurangan sampah di Kota Yogyakarta. Sesuai tagline Pasar Rakyat Kota Yogyakarta: "Pasare Resik, Atine Becik, Rejekine Apik, Sing Tuku Ora Kecelik".  (bersih-aman)

 
 
 
 
ReplyForward