Panen

YOGYAKARTA – TPS3R Pasar Giwangan panen eco enzyme pada Rabu (27/09/2023). Sekitar 120 liter cairan eco enzyme dihasilkan dari tandon air kapasitas 200 liter yang merupakan hasil fermentasi selama 3 bulan limbah organik buah-buahan Pasar Giwangan.

Panen eco enzyme perdana TPS3R Pasar Giwangan, Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta ini merupakan hasil Pelatihan Pengolahan Sampah Organik yang disampaikan oleh Dosen Institut Pertanian (INTAN) Yogyakarta, Nike Triwahyuningsih serta Paguyuban Bank Sampah DIY pada Senin (26/06/2023) di Aula Pasar Giwangan. Pada saat pelatihan tersebut dilakukan praktik pembuatan eco enzyme dengan bahan-bahan berupa tetes tebu 12 kg, air bersih 120 liter, serta 36 kg buah-buahan yang dicacah lalu dimasukkan ke dalam tandon air kapasitas 200 liter. Tandon berisi olahan organik tersebut kemudian disimpan selama 3 bulan dari 26 Juni sampai dengan 26 September 2023.

Eco Enzyme ini pertama kali diperkenalkan Dr. Rosukon Poompanvong, pendiri Asosiasi Pertanian Organik di Thailand. Beliau menginisiasi gerakan mengolah enzim dari sampah organik yang biasanya dibuang ke tempat sampah. Sehingga eco enzyme merupakan hasil fermentasi limbah organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air  yang memiliki spesifik warna coklat gelap serta aroma fermentasi asam manis yang kuat (Maurilla, 2022).

Menurut Imron (2020) eco enzyme merupakan hasil fermentasi limbah sampah organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula aren, gula merah, atau gula tebu), dan air.  Ciri ciri eco enzyme yang baik adalah warnanya coklat gelap dan memiliki bau khas fermentasi asam manis yang kuat.  Sampah organik sebagai bahan baku pembuatan eco enzyme, dengan proses fermentasi yang menggunakan bahan campuran gula aren dan air, proses fermentasinya menghasilkan gas O3 (ozon).

Manfaat eco enzyme beragam, mulai dari filter udara, herbisida dan pestisida alami, filter air, pupuk alami untuk tanaman, dan dapat menurunkan efek rumah kaca. Cairan eco enzyme dapat digunakan sehari hari dalam rumah tangga seperti membersihkan seluruh rumah, baju, bahkan untuk mencuci sayur dan buah. Eco enzyme juga tidak memiliki efek samping apapun sehingga aman digunakan, baik oleh anak-anak maupun dewasa. Harapan dari praktik pembuatan eco enzyme ini dapat mengedukasi stakeholder pasar tentang manfaat limbah organik serta berkontribusi terhadap pengurangan sampah di Pasar Rakyat. (bersih-aman)