Dinas Perdagangan Jajagi Kerja sama dengan Fakultas Biologi UGM

YOGYAKARTA - Kamis (12/10/23), TPS3R Pasar Giwangan dibawah pengelolaan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta mendapat kunjungan dari Satgas Pengelola Sampah Organik Fakultas Biologi UGM. Kunjungan ini bertujuan untuk menjajagi kerjasama pengelolaan sampah organik di Pasar Rakyat Kota Yogyakarta. Kunjungan yang dipimpin oleh Soenarwan Hery Poerwanto, S,Si.,M.Kes. dan didampingi oleh anggota Satgas diantaranya Dr. Sukirno, M.Si., Dwi Umi Siswanti., S.Si.,M.Sc., Mulyanto, ST.MM, Rujito serta Danang ini diterima oleh Ketua TPS3R Pasar Giwangan Kelik Novidwyanto Wibowo, S.E., didampingi Penata Layanan Operasional, Susilo dan R. Dody Winardono serta Tim Admin Lapangan Kebersihan, Dinas Perdagangan.

Kunjungan Tim Satgas Pengelola Sampah Organik ini atas rekomendasi inisiator SONJO (Sambatan Jogja) WA Group, Rimawan, SE., M.Sc., PhD.  kepada Dekan Fakultas Biologi, UGM, Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc.. Sebelumnya pada Jum’at (06/10/23) Tim TPS3R Pasar Giwangan ditemani Dirut LSM Lestari Agus Hartono dan Pengurus Paguyuban Bank Sampah DIY, Mustakim bersilaturahmi ke Fakultas Biologi UGM. Selanjutnya Dekan menugaskan Satgas Pengelola Sampah Organik untuk melakukan survey ke lokasi TPS3R Pasar Giwangan.

Satgas Pengelola Sampah Organik Fakultas Biologi UGM diterima di office TPS3R Pasar Giwangan kemudian diajak berkeliling ke area Pasar Giwangan. Seperti mengunjungi tempat pengolahan sampah anorganik (bank sampah) di sisi barat pasar, melihat pengolahan sampah organik dengan metode biopori jumbo maupun regular, serta menyambangi tempat pengolahan sampah organik yang dilengkapi dengan 2 bak komposter, mesin pencacah, oven dan mesin pengayak. Satgas Pengelola Sampah Organik Fakultas Biologi UGM menawarkan penggunaan Bioferti 2023 untuk mempersingkat pemrosesan sampah organik di Pasar Rakyat. “Saat ini Bioferti 2023 produksi Fakultas Biologi telah terbukti memberikan hasil dekomposisi sampah organik menjadi kompos lebih singkat dari produk pabrikan yang ada”, ungkap Ketua Satgas, Soenarwan Hery Poerwanto yang juga memberikan jerigen berisi bioferti kepada Ketua TPS3R Pasar Giwangan, Kelik Novidwyanto.

Harapan dari kunjungan Satgas Pengelola Sampah Organik Fakultas Biologi UGM ini dapat terjalin kerja sama pengolahan sampah organik di Pasar Rakyat sehingga dapat memanfaatkan kembali sampah organik secara optimal, sekaligus mengurangi timbulan sampah organik di pasar rakyat sesuai amanah Kepala Dinas Perdagangan, Veronica Ambar Ismuwardani, S.I.P. Karena sebagai informasi, dari sekitar 20-23 ton timbulan sampah pasar per hari, lebih dari 52% berupa sampah organik yang belum terkelola secara optimal. (bersih-aman)