Lomba Kebersihan Pasar Semester 2 Dimulai, Yuk Ikut Menyemarakkan...!

Yogyakarta - Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta kembali menyelenggarakan Lomba Kebersihan Pasar Rakyat Kota Yogyakarta Semester II di Tahun 2023 ini.

Lomba Kebersihan Pasar ini adalah bentuk penilaian kebersihan, keindahan, kerapian dan kenyamanan di tingkat pasar se- Kota Yogyakarta. Tim juri terdiri dari perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta (DLH), Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta (Dinkes), Paguyuban Bank Sampah DIY, Paguyuban Bank Sampah Kota Yogyakarta, dan LSM Lestari.

Pelaksanaan penilaian/penjurian dimulai pada 23 Oktober 2023 sampai dengan 12 November 2023. Adapun poin utama penilaian lomba kebersihan semester II kali ini disesuaikan dengan issue aktual saat ini yaitu terkait Darurat Sampah di Kota Jogja, yang dijabarkan melalui dua indikator berikut :

  • Sejauh mana masing-masing pasar di kota Jogja mengelola sampahnya, serta
  • Bagaimana peran paguyuban dan stakeholder di pasar dalam ikut serta mengelola sampah pasar.

Harapan dari pelaksanaan lomba kebersihan yang kedua kalinya di tahun 2023 ini akan memunculkan rasa kepedulian dari paguyuban dan seluruh stakeholder di Pasar Rakyat Supaya mau mengelola sampahnya. Sesuai tagline Pasar Rakyat Kota Yogyakarta: "Pasare Resik, Atine Becik, Rejekine Apik, Sing Tuku Ora Kecelik".  (bersih-aman)