Sukses! Dinas Perdagangan Dibantu Oleh Tim KKN-PPM 60 Universitas Mercu Buana Yogyakarta Ajak Paguyuban Pasar Beringharjo Tengah Membangun Ekosistem Pasar Berkelanjutan Melalui Kegiatan Sosialisasi Manajemen Keuangan dan Keamanan Digital.

Yogyakarta, 21 Januari 2024 - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang dilaksanakan oleh kelompok 60 mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta merealisasikan program kerja Dinas Perdagangan untuk pengembangan Pasar Beringharjo Tengah di Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Kelompok mahasiswa ini, berasal dari berbagai program studi, memadukan keahlian lintas disiplin ilmu dalam rangka memberikan solusi holistik dan beragam untuk mendukung perkembangan serta keberlanjutan pasar tradisional ini. Sebagai bagian dari program kerja Dinas Perdagangan, tim KKN-PPM 60 berhasil melaksanakan serangkaian kegiatan yang merangsang pertumbuhan ekonomi lokal. Fokus utamanya adalah anggota Paguyuban Pasar Beringharjo Tengah. Pada 21 Januari, di Senthong Endong, kegiatan sosialisasi manajemen keuangan dan keamanan digital digelar dengan penuh semangat. Alivia Meyrizka Utami, S.E., M.Sc dari STIM YKPN Yogyakarta, sebagai narasumber, memberikan pemahaman mendalam tentang pengelolaan keuangan yang efektif, urgensi pencatatan keuangan yang akurat, dan pentingnya dana darurat dan pensiun dalam konteks usaha pedagang.

Selain itu, tim KKN-PPM 60 menekankan urgensi pemahaman keamanan digital di era modern, di mana kejahatan cyber crime semakin merajalela. Dalam atmosfer interaktif, para pedagang tak hanya mendengarkan informasi teoritis, tetapi juga terlibat dalam diskusi, bertanya, dan berbagi pengalaman. Suasana kolaboratif yang tercipta menciptakan lingkungan yang mendukung pertukaran pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam. Peserta merasakan nilai tambah yang signifikan dari kegiatan sosialisasi ini, yang tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga merangsang dialog dan diskusi yang bermanfaat untuk pengembangan keuangan dan keamanan digital mereka. Kesadaran akan pentingnya manajemen keuangan yang baik, bersama dengan perlunya melibatkan aspek dana darurat dan pensiun, menjadi fokus utama yang meninggalkan dampak positif dalam persiapan finansial para pedagang untuk masa depan yang lebih terjamin dan aman dari risiko digital.

Tim KKN-PPM 60 memiliki tekad kuat untuk terus mengembangkan kolaborasi lintas disiplin ilmu mereka sebagai motor penggerak pertumbuhan pasar yang berkelanjutan di era ekonomi digital. Dengan fokus pada jejak keberlanjutan, mereka berharap dapat memberikan landasan yang kokoh bagi perkembangan usaha anggota Paguyuban, menjadikan Pasar Beringharjo Tengah sebagai percontohan pasar yang tangguh dan berdaya saing. Untuk mencapai tujuan ini, tim berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan yang inovatif.  Dalam hal ini Tim KKN-PPM 60 Universitas Mercu Buana Yogyakarta investasi percaya pengetahuan dapat membangun kesadaran anggota paguyuban di era digital. Dengan terus mengembangkan kegiatan yang inovatif, Tim KKN-PPM 60 berambisi untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan, tidak hanya bagi Pasar Beringharjo Tengah dan anggota Paguyuban, tetapi juga untuk masyarakat luas. Dengan demikian, mereka berperan sebagai agen perubahan yang mendorong transformasi menuju masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan