SERU! BURUH GENDONG PASAR BERINGHARJO BERJALAN DI ATAS KARPET MERAH LAYAKNYA MODEL! KKN-PPM TEMATIK 58 TURUT MENDUKUNG KEGIATAN PENGELOLAAN PASAR BERINGHARJO OLEH DINAS PERDAGANGAN

Yogyakarta – Fashion Show bertemakan “Buruh Gendong” yang digelar oleh KKN-PPM UMBY Angkatan XLIV Kelompok 58 untuk mendukung kegiatan Dinas Perdagangan di Aula Timur Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Pada Sabtu, 27 Januari 2024 turut menarik perhatian para pengunjung. Tidak hanya itu, pembeli bahkan penjual dari Pasar Beringharjo juga turut berdatangan meramaikan ataupun sekedar berhenti sejenak untuk melihat kegiatan yang berlangsung.

Adanya perbedaan yang mencolok daripada fashion show pada umumnya yang menjadi daya tarik. Jika biasanya fashion show identik dengan generasi muda yang menggunakan busana glamour, bagaimana jika fashion show kali ini modelnya berasal dari ibu-ibu dan lansia yang berprofesi sebagai buruh gendong di Pasar Beringharjo dengan busana keseharian mereka? Memanfaatkan kesederhanaan yang ditampilkan di atas karpet merah tetapi mencerminkan Buruh Gendong Pasar, menjadikan kesan tersendiri.

Itulah yang terjadi pada acara program kerja KKN-PPM Tematik 58. Acara ini merupakan salah satu rangkaian program kerja mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang sedang melakukan Kegiatan Kerja Nyata (KKN) di Pasar Beringharjo.

Kegiatan KKN yang mengusung tema “Pasar Inspiratif, Masyarakat Produktif” melalui keberagaman peserta yang ikut serta dalam Fashion Show “Buruh Gendong” juga menjadi sumber inspirasi bagi pengunjung lainnya untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas yang mendukung pertumbuhan usaha masyarakat lokal. Hal tersebut telah menjadi elemen penting dalam membentuk identitas dan karakter masyarakat lokal “Buruh Gendong”. Adanya keberagaman melalui acara ini, dapat mendorong masyarakat untuk berwisata dan menjadi peluang ekonomi, sosial dan budaya saat mengunjungi Pasar Beringharjo Timur.

 

 

Acara yang dihadiri sebanyak 13 peserta mengenakan busana kebaya, kain lurik hingga baju keseharian yang mereka gunakan untuk bekerja. Mereka pun turut berdandan dan berlenggak-lenggok dengan semangat dan percaya diri di atas karpet merah yang sudah terhampar di selasar pasar. Adanya hadiah sembako untuk partisipan yang juara, doorprize bagi seluruh peserta, hingga uang tunai bagi yang beruntung semakin menghebohkan acara Fashion Show ini. Menurut ketua Paguyuban Pasar Beringharjo Timur, acara ini bisa menjadi hiburan tersendiri di sela waktu bekerja.

Kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa kepedulian pribadi dan sekitar untuk saling memajukan dan mengenalkan Pasar Beringharjo lebih luas, dan kepada generasi muda mampu menjadi penjembatan baik pemikiran, semangat, pelaksanaan hingga kepada generasi yang lebih awal.