Lomba Kebersihan Pasar Rakyat Kota Yogyakarta Tahun 2024

YOGYAKARTA – Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta kembali menyelenggarakan Lomba Kebersihan Pasar Rakyat Kota Yogyakarta di Tahun 2024 ini. Penilaian lomba kebersihan di 29 Pasar Rakyat ini dimulai sejak 10 Agustus 2024 sampai dengan 28 September 2024. Pengumuman pemenang, yaitu juara 1 sampai dengan 3 akan disampaikan pada bulan Oktober 2024.

Lomba kebersihan ini adalah bentuk penilaian kebersihan, keindahan, kerapian dan kenyamanan di tingkat pasar se-Kota Yogyakarta sebagai wujud pengelolaan pasar rakyat yang mengikutsertakan peran seluruh stakeholder. Tim juri lomba kebersihan tahun ini terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta (Dinkes), Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta (DLH), Paguyuban Bank Sampah DIY, Paguyuban Bank Sampah Sehat Ceria, LSM Lestari dan Harian Bernas Jogja.

Adapun tema dari lomba kebersihan kali ini disesuaikan dengan problematika yang masih menghantui dan harus dihadapi oleh Kota Yogyakarta, yaitu masalah 'sampah'. Melalui tema “Semakin sedikit sampahnya, semakin bersih pasarnya”, disusunlah 4 (empat) indikator utama penilaian, yaitu: 1.) Pengurangan sampah; 2.) Pemilahan sampah; 3.) Pengelolaan sampah; dan 4.) Pengolahan sampah.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani, S.IP. berharap melalui lomba kebersihan pasar ini dapat terwujud suatu ekosistem Pasar Rakyat yang bersih, indah, rapi dan nyaman serta Pasar Rakyat yang mampu mengelola sampahnya sehingga memberi kontribusi bagi pengurangan sampah di Kota Yogyakarta. Sesuai tagline Pasar Rakyat Kota Yogyakarta: "Pasare Resik, Atine Becik, Rejekine Apik, Sing Tuku Ora Kecelik".  (bersih-aman)